Blog dan Manfaatnya

Blog adalah kependekan dari kata “WEBLOG”, istilah yang pertama kali digunakan oleh John Barger pada bulan Desember 1997. John Barger menggunakan istilah WEBLOG untuk menyebut  kelompok website pribadi yang selalu diupdate secra kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Secara sederhana blog dapat dikatakan sebagai sebuah situs pribadi, dikatakan pribadi karena blog memiliki ciri khas personal yakni bisa berisi catatan pribadi pemiliknya atas suatu permasalahan dari sudut pandangnya sendiri, atau bisa juga tentang pengalaman sehari-hari, mencurahkan isi hati, ataupun menginformasikan hal yang diketahui yang dituangkan dalam bentuk tulisan, gambar, ataupun video kemudian ditampilkan secara online.

Blog pertama sangat sulit berkembang karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus mengenai website. Blog mulai berkembang pada tahun 1998. Blog dapat dibedakan menjadi dua, yaitu : Blog gratis dan Blog berbayar. Di blog gratis, kita dapat membuat blog tanpa membayar apapun, contohnya : WordPress dan Blogspot. Sedangkan untuk yang berbayar maksudnya adalah blog yang menggunakan domain dan hosting sendiri (menyewa dari penyedia jasa hosting). Blog ini umumnya dibuat dengan menggunakan sebuah blog engine (mesin blog) yang berupa CMS (Content Management System), contohnya WordPress.

Fungsi Blog semakin berkembang sesuai dengan kemauan para Blogger atau pembuatnya. Fungsi awalnya yang digunakan sebagai catatan atau diary online telah mengalami perubahan menjadi media pembelajaran, perdagangan, periklanan, tempat untuk menuangkan kreativitas, bertukar pikiran, dan masih banyak lagi.

Manfaat dari Blog pada setiap orang berbeda-beda menurut penggunaan dan tujuan pembuatan blog. Namun, pada umumnya manfaat penggunaan blog adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai media pembelajaran melalui antara guru dan murid e-learning,

2.  Dapat bertukar pikiran dengan sesama Blogger melalui postingan dan komentar-komentar,

3.  Dapat menambah teman dan wawasan,

4.  Dapat mengungkapkan opini, pengalaman, harapan, dan lain-lain,

5.  Sebagai sarana hiburan,

6.  Dapat digunakan sebagai media informasi dan promosi (periklanan suatu institusi),

7.  Dapat memperoleh keuntungan berupa uang pada blog yang digunakan sebagai media perdagangan online, dan masih banyak lagi manfaat-manfaat penggunaan blog.

Sumber :

http://www.isnainibiasa.blogspot.com/2006/06/manfaat-blog_11.html

http://www.pembelajar.com/wmview.php?ArtID=1037

http://urip.wordpress.com/2006/12/23/kekuatan-blog-dan-guru/

http://imadewira.com/definisi-dan-manfaat-blog/

About nadyaaydan

Just an acceleration student.. who has many dreams to be the best... Nadya = Book-a-holic = pencinta buku

Posted on Desember 27, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: